Tips Mengatasi Wajah Kusam Secara Alami

Cara Mengatasi Wajah Kusam – Kesehatan kulit wajah menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan bagi sebagian besar wanita Indonesia. Kulit wajah yang cerah, segar, bebas jerawat, bebas dari flek hitam dan tidak kusam adalah karakteristik kulit ideal yang didambakan setiap orang.

Kulit mengalami regenerasi secara alami sehingga kondisi kulit kembali segar tetapi seiring usia yang semakin bertambah maka kemampuan regenerasi sel-sel kulit akan menurun.

Selain karena faktor usia, kulit kusam juga dipengaruhi oleh faktor genetik (keturunan), pola hidup, pola makan, faktor lingkungan, kosmetik yang digunakan, tidur yang tidak teratur, dan kurang mengkonsumsi air putih.

Lalu bagaimana cara agar kita terbebas dari kulit wajah yang kusam? Berikut cara yang dapat anda tempuh untuk mengatasi wajah kusam:

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Membersihkan tubuh dapat dilakukan dengan mandi secara teratur. Saat tubuh diguyur air bersih dan sabun maka kuman maupun kotoran yang menempel di kulit akan segera teratasi sehingga kulit menjadi bersih dan segar. Dalam sehari anda dapat mandi 2 sampai 3 kali untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

2. Minum Air Mineral Secukupnya

Air mineral bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Selain mencegah dehidrasi, mengkonsumsi air mineral juga dapat menjaga kelembaban dan kesehatan kulit anda. Dengan mengkonsumsi air secukupnya dapat membantu anda untuk memiliki wajah yang segar dan tidak kusam.

3. Perhatikan Pola Tidur Sehat

Pola tidur yang sehat adalah tidur sesuai kebutuhan tubuh kita. Untuk orang dewasa biasanya dibutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam perhari. Kebiasaan begadang menjadi salah satu penyebab kulit wajah yang kering dan pucat.

Maka menjaga jam tidur agar tetap teratur dan menghindari begadang adalah salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda agar tidak terlihat kusam.

kurangi begadang untuk mengatasi wajah kusam

imgkid.com

4. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat menjaga kesehatan tubuh kita sehingga selalu semangat dalam menjalani segala aktivitas harian. Olahraga setiap hari ataupun seminggu sekali dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan tubuh masig-masing.

Tidak harus dengan melakukan olahraga yang berat, tetapi lakukan olahraga ringan yang dapat anda lakukan secara rutin. Maka kulit yang kencang dan segar dapat anda miliki disamping kesehatan tubuh yang anda peroleh.

5. Menjaga Pola Makan

Makanan adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi kesehatan seseorang, begitu pula dalam hal kesehatan kulit wajah.

Mengkonsumsi makanan yang terlalu berlemak, bersantan, atau yang terlalu berlebihan tidak baik bagi tubuh kita. Dalam pola makan yang sehat maka harus diperhatikan kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

6. Menggunakan Masker Putih Telur

Membuat masker dari bahan alami sangat dianjurkan bagi anda yang menginginkan kulit wajah sehat. Putih telur dapat digunakan sebagai masker alami yang cara penggunaannya sangat mudah.

Siapkan putih telur yang sudah dipisahkan dari kuning telurnya kemudian oleskan secara merata ke wajah anda saat menjelang tidur. Bilas dengan air bersih disaat anda terbangun keesokan harinya.

Dengan menggunakan masker putih telur secara rutin dapat membantu anda untuk mendapatkan kulit wajah yang segar dan tidak kusam.

mengatasi wajah kusam dengan masker putih telur

www.thedailymeal.com

7. Menggunakan Pelembab Wajah

Anda dapat menggunakan pelembab wajah jika diperlukan. Dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan kebutuhan kulit anda maka kesehatan wajah dapat terjaga dengan baik.

Akan lebih baik apabila anda meminta saran dari dokter kulit atau dokter kecantikan yang pasti lebih tahu kosmetik yang sesuai dengan kulit anda karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda satu sama lain.

8. Menggunakan Bengkoang

Untuk mendapatkan wajah yang segar anda dapat memanfaatkan bengkoang. Caranya, kupas bengkoang segar lalu cuci hingga bersih. Parut buah bengkoang dan peraslah airnya.

Diamkan perasan air bengkoang tersebut selama 30 menit sampai muncul endapan putih kental di dasar wadah. Oleskan bagian yang kental tersebut ke permukaan kulit wajah anda hingga merata.

Diamkan beberapa menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jadi, cara yang manakah yang ingin anda coba? Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan kulit wajah agar tidak kusam dan selalu segar. Selamat mencoba!

Baca juga: 8 Tips Merawat Rambut Rontok

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.