Penyakit yang Bisa Menyerang Adenium Pada Saat Musim Hujan

Penyakit Adenium – Musim hujan memang musim yang bisa menyebabkan makhluk hidup terkena berbagai penyakit, termasuk hewan dan tumbuhan. Apalagi jika kondisi tubuh kurang fit. Kalau manusia mungkin bisa meminum suplemen atau rajin berolahraga agar kondisi tubuhnya stabil. Namun bila yang terkena adalah tumbuhan, kitalah yang harus merawatnya agar tumbuhan itu tidak layu bahkan mati.

Berikut beberapa penyakit yang bisa menyerang tanaman adenium dan cara mengatasinya:

1) Spidermite atau Laba-laba Merah

Spidermite merupakan hewan yang masih dalam spesies laba-laba, warnanya berwarna merah dan berbentuk kecil-kecil.

Gejala: Daun menguning, dan jika diperhatikan secara seksama terdapat sarang laba-laba di sekitar tangkai dan daunnya.

Cara penanggulangan: Semprotkan insektisida ke seluruh permukaan tanaman, hingga dibalik daun yang biasanya merupakan tempat persembunyian spidermite.

2). Akarnya Membusuk

Busuk akar merupakan penyakit adenium yang mungkin semua penghobby adenium telah mengalaminya, tidak memperdulikan penghobby berpengalaman ataupun pemula.

Gejala: Batang adenium jika digoyangkan, pada posisi pangkal batang (bonggol akar) dapat bergerak dengan mudah, dan jika sudah parah hingga menyerang bonggol, maka bonggol jika ditekan terasa empuk dan berair.

Cara penanggulangan: Keluarkan adenium dari media tanam, amputasi bagian yang terkena busuk akar, kemudian rendam pohon adenium pada air yang telah diberi larutan fungisida dan nutrisi penumbuh akar, oleskan pada permukaan adenium yang luka dengan bubuk perangsang akar. Tanam kembali adenium pada media tanam yang berbeda dan jangan disiram kurang lebih satu minggu dan tempatkan pada tempat teduh.

bunga adenium

www.cactiguide.com

3) Layu Pucuk

Layu pucuk pada adenium biasanya disebabkan oleh jamur fusarium.

Gejala: Bagian tanaman yang terkena layu pucuk pada pucuk daunnya akan berwarna hitam dan membusuk. Jika adenium terserang layu pucuk maka pertumbuhan adenium akan terhenti.

Cara penanggulangan: Semprotkan fungisida pada adenium, terutama pada posisi pucuk batang. Pastikan semua posisi telah tersemprot secara merata.

4) Pomopsis

Pomopsis biasanya hanya terjadi pada saat musim hujan.

Gejala: Daun yang terserang akan berwarna kecoklatan dan kemudian membusuk.

Cara penanggulangan: Petik semua daun yang terkena pomopsis, kemudian semprotkan fungisida pada seluruh permukaan daun adenium.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.