Penyebab Bercak Kuning Pada Anthurium dan Cara Mengatasinya

Secara umum kecintaan penghobis terhadap anthurium terletak pada daunnya, namun jika daun anthurium terkena bercak kuning, sudah tahukah penyebabnya dan cara mengatasinya?

Penyakit bercak kuning sangat ditakuti oleh hobis karena tanaman anthurium yang terkena penyakit ini hampir dapat dipastikan akan mati atau minimal daun anthurium yang terkena bercak kuning harus diamputasi.

Ciri-ciri Penyakit Bercak Kuning

Pada awalnya penyebaran penyakit ini diawali dengan munculnya noktah kecil berwarna kuning pada daun dan semakin lama akan menyebar hingga ke seluruh daun. Apabila sudah menyebar ke seluruh daun maka daun akan menjadi kuning, layu dan mati.

Penyebab dan Pencegahan Penyakit Bercak Kuning

Bercak kuning terjadi karena banyak faktor, seperti terlalu banyak pupuk, media terlalu lembab, sirkulasi udara kurang, media tanam kurang poros dan juga kurangnya sinar matahari. Untuk mencegah anthurium terserang penyakit bercak kuning, kita harus memilih bibit tanaman yang benar-benar sehat, setelah itu untuk media tanam yang digunakan adalah media tanam yang poros seperti cacahan akar pakis.

Harus diingat bahwa pada saat media tanam tersebut akan digunakan harus disterilkan, dengan cara direbus terlebih dahulu agar kuman dan jamur mati. Setelah itu beri nutrisi secukupnya melalui pemupukan tetapi jangan berlebihan.

Penanganan Penyakit Bercak Kuning

Penyakit bercak kuning disebabkan karena jamur. Apabila anthurium telah terkena bercak kuning sebaiknya daun yang terkena bercak kuning dipotong dan dimusnahkan agar tidak menular ke daun lainnya. Semprotkan fungisida pada seluruh tanaman hingga di ketiak daun dan juga media tanam dengan maksud untuk mematikan virus penyebab bercak kuning.

Hal yang terbaik adalah menjaga tanaman dalam kondisi sehat dengan memperhatikan kondisi tanaman sehingga bercak kuning dapat dicegah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.