Penyebab Susah Tidur dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Tidur – Insomnia (susah tidur) sebenarnya bukanlah suatu penyakit yang harus diperiksakan ke dokter tapi sejenis gejala yang ada sebabnya. Penyebab insomnia bermacam-macam, contohnya seperti adanya kelainan emosional, penggunaan jenis obat-obatan secara berlebihan, stress, gelisah, ketakutan  ataupun kelainan pada tubuh seseorang.

Siapa yang sering terkena insomnia (susah tidur)?  Hampir semua orang bisa terkena insomnia baik itu remaja maupun dewasa. Jika kamu adalah salah satu orang yang susah tidur terutama di malam hari, maka hal ini pasti menjadi suatu masalah tersendiri yang harus diketahui cara mengatasinya secepatnya, baik itu menggunakan cara alami maupun menggunakan obat tidur.

Jika kamu tidak segera mengatasinya, dikhawatirkan bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari seperti bekerja, sekolah, kuliah, dan lain sebagainya. Karena efek dari insomnia (susah tidur) ini seperti kurangnya konsenterasi dan ngantuk saat di sekolah bisa membahayakanmu. Oleh karena itu pada kesempatan ini kita akan memberikan solusi bagi kamu tentang cara mengatasi insomnia (susah tidur).

Apa Saja Cara Alami Untuk Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)?

Hindari Makanan dan Minuman yang Berkafein Tinggi

penyebab susah tidur

www.pexels.com

cara mengatasi insomnia yang pertama adalah dengan menghindari makanan yang mengandung kafein terutama pada malam hari, jika kamu mengkonsumsi makanan tersebut maka jelas saja kamu tidak akan mengantuk dan tetap terjaga sepanjang malam. Oleh karena itu hindari makanan kafein seperti cokelat, kopi dan juga teh hangat.

Hindari Melakukan Aktivitas di kamar

obat susah tidur

www.pexels.com

Biasanya salah satu faktor insomnia (susah tidur) adalah kebiasaan buruk kamu yang masih melakukan aktivitas seperti menyelesaikan pekerjaan kantor di kamar, menggunakan handphone ataupun menonton televisi.

Jika ini merupakan kebiasaan kamu maka ubahlah sejak sekarang karena jika kamu melakukan hal tersebut secara terus-menerus bisa jadi akan merusak daya kerja otak kamu. Karena bukan hanya manusia saja, otak pun butuh istirahat agar bisa melakukan tugasnya dengan baik keesokan harinya.

Matikan Lampu Kamar

obat insomnia

www.cnet.com

Cara mengatasi insomnia (susah tidur) yang selanjutnya adalah dengan mematikan lampu kamar ketika tidur. Taukah kamu, sinar atau cahaya sangat mempengaruhi proses produksi hormon melatonin pada diri kamu. Cahaya yang terlalu terang bisa menghambat produksi hormon tersebut yang akhirnya membuat kamu susah untuk segera tidur.

Oleh karena itu sebaiknya matikan seluruh cahaya yang ada di dalam kamar kamu. Namun, bukan hanya lampu saja yang harus dimatikan, tapi cahaya yang berasal dari televisi, komputer dan handphone juga harus kamu matikan agar tidur kamu bisa nyenyak dan tidak terganggu oleh cahaya apapun.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi insomnia (susah tidur) yang bisa kita jelaskan, semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu kamu untuk tidur yang tenang serta terhindar dari insomnia yang sangat mengganggu di malam hari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.