Ini Dia Penyebab Kesemutan dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan – Pada umumnya setiap orang pernah mengalami kesemutan. Apakah anda juga pernah atau bahkan sering mengalaminya? Jika ya, maka inilah saatnya anda mengetahui penyebab terjadinya kesemutan.

Kesemutan biasa dirasakan di bagian kaki, tangan, maupun bagian tubuh lainnya. Dalam bahasa medis, kesemutan disebut Parestesia. Seringkali kesemutan terjadi pada saat kita duduk di lantai dengan kaki terlipat terlalu lama maupun di saat kaki kita berjingkat untuk beberapa waktu yang cukup lama.

Apabila kesemutan tidak segera hilang, akan merambat dari bagian tubuh satu ke bagian tubuh lainnya. Jika hal ini sering dialami dan berubah menjadi rasa tebal pada bagian tubuh tersebut, maka harus segera diwaspadai.

Kesemutan yang seperti itu dapat menjadi indikasi awal adanya penyakit serius yang diderita, seperti radang sumsum tulang belakang maupun Diabetes Mellitus (kencing manis). Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab terjadinya kesemutan.

Penyebab Kesemutan

Kesemutan adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sensasi yang dirasakan di saat kesemutan adalah seperti dirambati sesuatu di bagian tubuh tertentu.

Penyebab terjadinya kesemutan diantaranya adalah sebagai berikut:

1.  Rangsangan Listrik Terhambat

gangguan rangsangan listrik menjadi penyebab kesemutan

Image by: scienceblogs.com

Kesemutan merupakan suatu gejala dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsangan listrik di sistem tersebut tidak tersalur penuh. Hal itu terjadi akibat satu bagian tubuh yang dilipat atau ditekan terlalu lama.

Stimulus berupa sentuhan, tekanan, rasa sakit, suhu panas maupun suhu dingin diterima oleh reseptor kulit, lalu dikirim ke saraf tepi dan masuk ke susunan saraf pusat di sumsum tulang belakang.

Stimulus diteruskan sampai thalamus, terus ke kulit otak (cerebral cortex) dan saat inilah individu menyadari apa yang dirasakannya sesuai stimulus yang diterima. Kesemutan akan terjadi apabila terdapat gangguan pada jalur sistem sensorik tersebut.

2. Hormon

penyebab kesemutan karena gangguan hormon

en.wikipedia.org

Gangguan tingkat hormon dapat mengakibatkan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki yang memicu terjadinya tekanan pada saraf.

Pembengkakan juga akan mengganggu aliran darah ke otot, yang menyebabkan kram karena buruknya oksigenasi dan penumpukan asam laktat.

Rekomendasi bacaan: Tips Mengatasi Wajah Kusam Secara Alami

3. Kekurangan Kalsium

kekurangan kalsium dapat menyebabkan kesemutan

wisegeek.org

Kalsium sangat penting untuk kelancaran kontraksi otot dan transmisi saraf. Apabila kekurangan Kalsium, seseorang dapat mengalami kram otot dan kesemutan.

Selain itu, kekuranga Kalsium juga mengindikasikan bahwa terjadi masalah gagal ginjal, kekurangan vitamin D, dan penurunan fungsi kelenjar paratiroid.

4. Cedera

cedera menjadi salah satu penyebab kesemutan

www.2gb.co

Kesemutan akibat trauma kompresi saraf dapat terjadi karena seseorang telah mengalami cedera tulang belakang ataupun patah kaki. Bekas luka di sekitar saraf dan arthritis tulang belakang atau kaki dapat memicu kejang otot setahun kemudian.

Cara Mengatasi Kesemutan

dipijat adalah salah satu cara mengatasi kesemutan

naturalhealthyteam.com

Setelah mengetahui 4 penyebab kesemutan, lalu bagaimana cara mengatasi kesemutan?

Berikut solusinya:

  1. Memperbaiki aliran darah di bagian tubuh yang kesemutan, misalnya dengan menggerakannya atau memijatnya perlahan.
  2. Memberikan obat yang mengandung vitamin B1, B6, dan B12 sehingga fungsi saraf kembali normal dan kesemutan hilang.
  3. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol karena dapat mengakibatkan defisiensi vitamin B terutama B1 yang sangat diperlukan dalam aktivitas saraf.
  4. Mengkomsumsi buah pisang atau kelapa muda.

Tips Mencegah Kesemutan

sering berolah raga bisa memimalisir kesemutan

etre-un-homme.fr

“Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Tentunya anda sudah tidak asing dengan kalimat bijak tersebut. Maka akan kami bagikan tips-tips yang dapat mencegah terjadinya kesemutan berikut ini.

  1. Jaga posisi setiap kali beraktivitas. Misalnya, hindari tidur tengkurap ataupun tidur diatas alas yang keras. Hal itu dapat menekan saraf dan mengganggu peredaran darah sehingga memicu terjadinya kesemutan.
  2. Olahraga teratur. Sirkulasi darah akan lancar apabila kita biasakan untuk berolahraga secara teratur.
  3. Istirahatkan bagian tubuh yang digunakan bekerja. Misalnya saat bekerja kita terlalu lama menekuk kaki ataupun tangan, tentu hal ini dapat mengakibatkan kesemutan di kaki atau tangan kita.
  4. Penuhi kebutuhan vitamin B1 dengan mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti daging merah, biji-bijian, sayuran hijau segar, dan lain sebagainya.
  5. Menjaga jumlah cairan dalam tubuh terutama sebelum dan sesudah beraktivitas berat.
  6. Melakukan peregangan teratur pada bagian tubuh yang sering kesemutan seperti kaki dan tangan.
  7. Meningkatkan asupan Kalium, Kalsium, dan Natrium. Makanan kaya Kalium seperti pisang, ikan, dan unggas. Kalsium banyak terdapat pada yoghurt rendah lemak ataupun susu bebas lemak. Natrium terdapat pada kecap, hasil laut, dan banyak bahan pangan nabati maupun hewani, terutama hewani.
  8. Memakai kaos kaki yang tepat dan sol sepatu yang mendukung tubuh dengan baik, sebaiknya hindari memakai high heels (sepatu hak tinggi) .
  9. Menggunakan selimut tebal terutama saat udara dingin.
  10. Mandi air hangat sebelum tidur sehingga otot-otot kaki mengendur dan mengurangi kemungkinan kesemutan.

One Response

  1. mikiyad Juli 9, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.