Mengatasi Penyakit Bercak Putih Pada Pohon Jambu Air

Jambu Air – Jambu air merupakan tanaman buah yang murah meriah dan mudah didapat. Jambu air mudah ditemui dari daerah pesisir pantai hingga puncak gunung, karena jenis tanaman buah ini mudah beradaptasi. Namun biasanya tetap ada bedanya pada kualitas buahnya. Jambu air yang dihasilkan pada daerah dataran rendah yang panas akan terasa lebih manis dibandingkan dengan yang dihasilkan di dataran tinggi yang dingin.

Namun yang namanya  tanaman pasti ada penyakitnya, kita sebagai manusia juga kadang-kadang merasakan sakit. 🙂 Pohon jambu air rentan akan serangan jamur yang biasanya menyerang pada bagian batang dan permukaan daun. Walaupun tidak masalah secara signifikan, namun cara-cara di bawah ini mungkin dapat digunakan untuk membantu mengatasinya.

1. Perhatikan jalur batang yang terkena jamur sehingga kelihatan keputih-putihan, apakah sedang terdapat buah jambu air dalam jumlah banyak atau tidak.

Intinya begini, cara yang terbaik untuk membersihkan jamur tersebut yaitu lakukan amputasi pada dahan yang terserang penyakit, namun jika dirasa sayang karena sedang berbuah maka cukup petik saja daun yang terserang jamur bercak putih tersebut dan selanjutnya olesi bagian batang yang terkena jamur dengan fungisida.

2. Secara umum, jamur itu tumbuh karena tingkat kelembaban yang terlalu tinggi

Artinya apa? Perhatikan bahwa, jamur yang menyerang tersebut kemungkinan karena bagian batang tersebut  terlalu lembab. Jika iya, posisikan dahan tersebut hingga leluasa mendapatkan cahaya dan udara yang bebas agar tingkat kelembabannya berkurang.

3. Jurus terakhir nih 🙂

Jika jamur memang sudah kebangetan menyerang tanaman, potong saja semua dahan yang terkena penyakit, sampai gundul juga gak apa-apa asal kondisi media tanam atau tanah jangan terlalu basah. Nah, kurang lebih satu bulan kemudian tumbuh pucuk batang baru dengan kondisi sehat.

4. Ini hanya sekedar saran sih

Perhatikan berapa besar tingkat masalah penyakit yang menyerang pohon jambu tersebut, jika hanya sedikit bisa diatasi dengan cara nomor satu hingga tiga. Namun jika sudah menyeluruh, beli saja tanaman yang baru. Pohon jambu air gak mahal kok! Malah kadang kita punya pohonnya karena dibagi sama tetangga. 🙂

Intinya sih, perhitungkan biaya antara mengatasi penyakit yang ada dengan beli baru besaran mana? Yang paling efisien, itulah yang dipilih!

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.