Tahukah Kamu Tunggul Pohon Tua Bisa Menjadi Hiasan Taman yang Menakjubkan!

Kalau kamu sering bermain di taman kota pasti sudah tidak asing lagi dengan pohon besar yang turut memperindah taman kota. Pohon-pohon itu selain difungsikan untuk mempercantik taman, juga berguna sebagai peneduh dari sinar matahari bagi pengunjung taman. Entah pengunjung yang hanya ingin istirahat dari perjalanan ataupun pengunjung yang lagi santai, menikmati liburan bersama keluarga tercinta.

Nah, apa jadinya bila pohon di taman sudah terlalu tua sehingga menyebabkan ranting maupun dahannya sering jatuh, tentu yang dikhawatirkan jika rantingnya jatuh mengenai pengunjung yang sedang menikmati liburan. Nanti liburannya malah pindah ke rumah sakit dong, hehe…

Pohon yang sudah tua biasanya dipotong agar tidak mengganggu pengunjung, tapi kalau memotongnya tidak sampai tuntas alias masih menyisakan tunggul pohon, itu pasti juga akan menganggu pemandangan taman bukan?

Tapi nggak perlu khawatir dulu, di beberapa tempat tungul pohon malah bisa dijadikan tanaman hias yang unik dan sangat cantik. Hanya dengan sedikit sentuhan kreatifitas mereka menjadikan tungul pohon menjadi taman bunga yang menawan.

Kalau kamu punya tungul pohon dipekarangan rumah atau dimanapun jangan buru-buru di buang dulu deh, kamu bisa menyulap tunggul-tunggul pohon itu mejadi lebih cantik dan indah. Lalu bagaimana membuat tunggul pohon menjadi sesuatu yang unik serta indah? Tenang saja kita bahas juga kok di artikel ini.

Caranya gak terlalu sulit sih bagi kamu yang sudah terbiasa menanam tanaman di pekarangan rumah. Pertama, siapkan tunggul pohon yang akan dibuat hiasan taman. Boleh tunggul pohon yang sudah mati atau yang masih hidup.

Kemudian lubangi pusat tunggul untuk tempat meletakkan tanah serta biji tanaman hias, bila ingin memperoleh hasil yang lebih cepat kamu bisa langsung menanam tanaman hias di pusat tunggul yang sudah dilubangi tersebut.

Jadi, tunggul pohon hanya dimanfaatkan seperti pot untuk tanaman hias. Memang fungsinya hampir mirip kayak pot tapi yang ini lebih unik dan tentunya mempunyai nilai seni tersendiri.

Berikut ilustrasinya buat kamu:

tunggul pohon unik

Cara menanam tanaman di tunggul pohon via: boredpanda.com

Bagaimana, cukup mudah bukan caranya?

Nah, kalau sudah tahu cara bikinnya, sekarang kita langsung aja lihat contoh tunggul yang indah-indah berikut. Yah bisa jadi inspirasi juga kan buat kamu-kamu yang mau bikin tunggul cantik dengan kreativias sendiri…

#1

tunggul pohon1

via: ruththill.com

Bagi kamu yang suka tanaman hijau yang terlihat segar saat dilihat, kamu bisa coba menanam tumbuhan hijau di tunggul pohon yang kamu miliki. Kamu bisa kok menggunakan tanaman dengan kombinasi gradasi warna yang menarik dan ditanam dalam satu tunggul.

Misalnya satu tanaman yang memiliki daun hijau tua dan satu tanaman yang lainnya memiliki daun hijau lebih muda seperti contoh diatas. Bagus dan terlihat segar, kan?

#2.

tree-stump-flower-garden-25__605

via: edmontonsun.com

Atau kamu lebih suka tanaman yang berwarn-warni? Tanam saja tanaman yang memiliki bunga berwarna cerah di atas tunggul pohonmu. Dengan bunga yang berwarna cerah dapat membuat suasana lebih ceria dan tentunya lebih berwarna. Sangat cocok untuk memeriahkan suasana tamanmu.

#3.

tree-stump-flower-garden-6__605

via: themagiconions.com

Kalau kamu mau membuat hiasan tunggul pohon dengan lebih detail , contoh ketiga ini bisa kamu coba. Dengan menambah pernak-pernik yang unik kamu dapat membangun suasana sesuai imajinasi kamu sendiri, lho. Mau membuat dunia bertema horor? Atau bertema dongeng masa lalu? Bisa!  Asyik, kan?

#4.

tree-stump-flower-garden-18__605

via: flickr.com

Bagi kamu pecinta kaktus, kamu juga bisa menanam kaktus kesayanganmu diatas tunggul pohon. Dijamin kaktusmu bakal lebih cantik dan menarik lagi.

#5.

tree-stump-flower-garden-36__605

via: flickr.com

Di pekarangan kamu ada tanaman yang menjulur atau merambat? Mau coba kamu tanam di tunggul pohon? Bisa banget!

#6.

tree-stump-flower-garden-11__605

via: boredpanda.com

Mau nambah aksen menarik di taman kamu? Tambahin tunggul pohon aja di tengah-tengahnya.. Dengan begitu seakan-akan tunggul pohon kamu masih hidup segar berdampingan dengan tanaman-tanaman lainnya.

#7.

tree-stump-flower-garden-20__605

via: lushome.com

Taruh tunggul pohon kamu berdampingan dengan tanaman-tanaman segar lainnya. Bunga yang berwarna cerah dan dipadukan dengan dedaunan yang hijau segar menambah indahnya taman kamu.

#8

tree-stump-flower-garden-7__605

via: gardeningknowhow.com

Kamu penggemar tanaman bunga mini yang imut-imut? Boleh juga kok ditanam di atas tunggul pohon. Nggak kalah cantik sama tanaman lainnya. Akan lebih menarik lagi kalau kamu menanamnya dengan lebih rapat sehingga tanaman kamu terkesan lebih penuh dan subur.

#9

tree-stump-flower-garden-12__605

via: boredpanda.com

Kreasikan tunggul pohonmu dengan menanam bunga yang memiliki batang yang tidak terlalu panjang. Contohnya bisa dilihat pada gambar kesembilan diatas ya. Hasilnya cantik dan menarik juga, setuju?

#10

tree-stump-flower-garden-9__605

via: ruththill.com

Di tengah hijaunya dedaunan segar di pekarangan rumahmu, letakkan tunggul pohon lengkap dengan bunga berwarna cerah diatasnya. Pasti lebih menarik dan pekaranganmu akan lebih terkesan hidup.

#11.

tree-stump-flower-garden-13__605

via: thesquirrelnutwork.wordpress.com

Bunga lavender juga bisa dijadikan pilihan buat kamu yang mau menanam bunga diatas tunggul pohon. Bunga lavender yag berwarna ungu bisa kamu kombinasikan dengan bunga lain yang berwarna lebih cerah. Dan hasilnya juga indah. Coba aja deh tanam sendiri.

#12

tree-stump-flower-garden-23__605

via: boredpanda.com

Suka banget sama bunga berwarna kuning? Warna apa aja boleh deh buat kamu tanam di tunggul pohonnya. Lebih baik sih gunain tanaman yang berbunga cerah ya, dengan begitu tunggul pohonmu lebih kontras dengan warna bunga kamu.

One Response

  1. Sandi Iswahyudi Desember 29, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.