Waspadai Penyakit Bonggol Kempes Pada Tanaman Hias Adenium

Musim hujan merupakan musim yang kurang disenangi oleh pecinta adenium. Karena dari sifat tanaman hias Adenium yang tidak terlalu suka air sehingga jika kandungan air terlalu berlebih maka berpengaruh pada kesuburan dan kesehatan tanaman.

Penyakit bonggol kempes merupakan penyakit yang sering ditemui pada tanaman hias Adenium pada saat musim hujan. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang pada jaringan spon pada bonggol Adenium.

Beberapa tips agar tanaman hias Adenium tidak terkena penyakit ini:

1. Gunakan media tanam yang poros

Semisal campuran antara pasir malang, sekam bakar dan pupuk kandang. Sekam yang tidak dibakar juga dapat digunakan sebagai pengganti sekam bakar, namun tidak boleh terlalu banyak karena kandungan humusnya masih tinggi sehingga mengundang bakteri atau jamur sebagai sumber penyakit. Selain itu sekam tanpa bakar juga mudah menyerap air sehingga potensial terjadi pembusukan bonggol lebih besar.

2. Gunakan stereform pada dasar media tanam dalam pot

Stereform ini dimaksudkan sebagai penahan akar agar tidak sampai kedasar pot sebab pada dasar pot merupakan wilayah yang potensial terjadi endapan air sehingga bisa mengakibatkan busuk akar yang berujung pada kempesnya bonggol.

3. Rajin-rajinlah mengganti media tanam, paling tidak enam bulan sekali

Hal ini dimaksudkan agar kepadatan media tanam tetap terjaga. Media tanam yang terlalu padat akan menyulitkan fungsi poros yang sangat dibutuhkan tanaman hias Adenium.

4. Semprotkan obat anti virus secara berkala

Dengan menyemprotkan obat anti virus secara berkala dapat menghilangkan bibit penyakit pada tanaman dan media tanam

Demikian tips yang bisa kita diberikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply