Waspadai Serangan Penyakit Pada Tanaman Hias Aglonema

Musim penghujan kali ini merupakan keadaan yang cukup sulit bagi penghobis tanaman hias. Berbagai penyakit menyerang tanaman sebagai akibat perubahan hujan dan panas yang tidak teratur.

Berikut beberapa cara untuk mengetahui indikasi tanaman hias aglaonema terserang penyakit:

1. Kondisi tanaman dalam keadaan pucat

Tanaman hias menjadi pucat mulai dari ujung pucuk daun hingga batang yang mengarah ke media tanam. Jika perlu buka sedikit pada media tanam untuk memastikan kondisi akar tanaman. Ciri-ciri akar aglonema terserang penyakit yaitu tidak  nampak bulu tipis pada sekeliling akar yang biasanya digunakan tanaman untuk menyerap sari makanan, selain itu akar lembek dan membusuk.

2. Terdapat bibit-bibit bintik cacat pada daun

Bintik cacat pada daun aglonema lama-kelamaan akan membesar, biasanya penyakit ini terjadi karena serangan bakteri. Cara mengatasinya semprotkan bakterisida agar bercak cacat tidak membesar.

3. Terdapat hewan pada sekeliling tanaman

Biasanya semut yang disertai selaput rumah terdapat pada ketiak batang daun aglaonema, semprotkan insektisida untuk mematikan serangga yang menyerang tanaman.

4. Daun tiba-tiba layu dan menguning, kemudian batang menjadi lembek

Iniberartiaglaonematerserang virus, biasanya virus datangdari media tanam yang tidakhigienis. Bongkartanaman dan jikaterdapatakartanaman yang busuk, potonghinggabersihkemudianrendamtanaman yang tersisadenganfungisida, baru kemudiantanamkembalipada media tanam yang steril.

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply