Awas, Daun Alokasia Tengkorak Dapat Mengering Mendadak

Tanaman hias jenis Alokasia Tengkorak masih jarang yang dijadikan sasaran bagi kolektor tanaman hias untuk menjadi salah satu koleksi di taman rumah. Mungkin hal ini terjadi karena para penghobis masih terbuai dengan tanaman hias jenis Anthurium yang saat ini dapat dikoleksi dengan harga terjangkau dengan kualitas bagus.

Namun prediksi saya bahwa, beberapa tahun yang akan datang, tanaman hias jenis alokasia akan menjadi trend tersendiri pada kalangan kolektor tanaman hias.

Namun untuk artikel kali ini, saya tidak akan menbahas tentang kelebihan ataupun kekurangan tanaman jenis alokasia, namun saya akan memberikan tips sederhana agar tanaman hias alokasia tidak mengering daunnya.

Perlu diketahui bahwa, masalah yang sering dialami oleh alokasia yaitu kerusakan pada daun yang diikuti dengan mengeringnya daun secara perlahan. Hal tersebut  terjadi karena:

1. Permukaan daun alokasia berbentuk lebar dan cenderung kasar

Itu artinya bahwa daya serap cahaya daun alokasia cukup tinggi. Maka, jika alokasia tengkorak diletakkan di tempat yang terlalu panas, maka secara perlahan, permukaan daun mengalami dehidrasi sehingga terjadi pengeringan daun dimulai dari sisi pinggir kemudian keseluruh daun.

2. Kurangnya frekuensi penyiraman atau media tanam terlalu kering

Sehingga supply air ke tanaman alokasia tengkorang tidak terpenuhi. Maka solusi bagi tanaman alokasia tengkorak yaitu menggugurkan daunnya untuk mengurangi dehidrasi.

Solusinya adalah jaga kelembaban media tanam. Perlu diketahui bahwa, jika kondisi tanaman benar-benar kekurangan air maka seluruh tanaman akan gugur, namun tanaman tetap hidup pada bagian ubi dan akar sehingga sewaktu-waktu dapat tumbuh kembali.

3. Pemakaian insektisida yang terlalu panas atau frekuensi penyemprotan yang terlalu sering

Gunakanlah obat pembasmi serangga yang lebih bnyak mengandung unsur organik dan kurangi frekuensi penyempotan obat bisa satu bulan sekali atau kalau ada serangga saja.

4. Penggunaan pupuk kimia yang terlalu berlebihan. Gunakan pupuk sebijak mungkin deh.

Pada intinya sih, jangan sampai tanaman hias yang namanya Alokasia itu kepanasan, apapun penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.