8 Tips Merawat Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Cara Merawat Rambut Rontok – Rambut mempunyai peran yang penting bagi manusia. Selain sebagai penambah nilai keindahan penampilan dengan gaya tatanan rambut yang beragam, rambut dapat menjaga kehangatan kepala kita.

Akan tetapi, gangguan pada rambut seringkali menjadi masalah bagi seseorang. Salah satu masalah gangguan pada rambut adalah rambut rontok.

“Kenapa rambut bisa rontok?”

Perlu diketahui bahwa sebenarnya rambut rontok adalah hal yang wajar. Setidaknya rambut mempunyai tiga fase pertumbuhan, yaitu fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase kerontokan.

Pada saat terjadi proses kerontokan, rambut baru sudah disiapkan untuk tumbuh menggantikan rambut-rambut yang telah rontok. Walaupun kerontokan rambut adalah hal yang wajar tetapi penyebab rambut rontok juga dapat disebabkan oleh kurangnya nutrisi pada rambut, polusi, stres, dan lain sebagainya.

Maka, tetap saja kita harus merawat kesehatan rambut agar tetap dalam kondisi yang baik karena bukan tidak mungkin akan terjadi gangguan rambut seperti rambut rontok yang pasti akan membuat kita tidak nyaman bahkan kebotakan.

Rambut rontok dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami maupun kimiawi yang dapat anda terapkan sebagai berikut:

1. Lidah Buaya

lidah buaya untuk merawat rambut secara alami

via: 500px.com

Lidah buaya (Aloe Vera) mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Salah satu manfaatnya yang paling populer adalah dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit. Bahkan menurut penelitian di University of Hawaii, penggunaan lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok telah dilakukan sejak zaman Mesir Kuno.

Dengan menggunakan lidah buaya, pertumbuhan rambut dapat meningkat dan rambut tampak sehat. Selain itu, enzim yang terkandung pada lidah buaya dapat menjaga kelembaban rambut dan mencegah rambut rontok.

Cara menggunakannya cukup mudah. Ambil daging lidah buaya, lalu usapkan ke kulit rambut hingga ke ujung rambut. Setelah didiamkan selama 15 hingga 20 menit, bilas rambut hingga bersih. Mudah bukan?

2. Minyak Kemiri

Minyak kemiri untuk merawat rambut secara alami

via: juaralife.com

Kemiri mengandung minyak yang dapat membuat rambut lebih hitam, sehat, dan mengatasi kerontokan rambut. Saat ini sudah tersedia minyak kemiri sehingga lebih praktis saat digunakan.

Untuk membuat minyak kemiri, dapat dilakukan dengan menumbuk kemiri yang sebelumnya sudah disangrai hingga mengeluarkan minyak.

Dalam menggunakannya, cukup dengan mengusapkan minyak kemiri pada rambut kemudian bilas rambut dengan sampo seperti biasa.

Rekomendasi bacaan: Begini Cara Hilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

3. Buah Alpukat

buah alpukat dapat membantu merawat rambut secara alami

via: lifeseasons.getitguru.in

Kandungan protein yang terdapat pada alpukat dapat menambah nutrisi rambut. Haluskan daging buah alpukat kemudian ratakan pada kulit kepala dan rambut. Setelah didiamkan 20 menit, bilaslah rambut hingga bersih.

4. Bawang Putih

bawang putih membantu merawat rambut secara alami

via: 500px.com

Selain dapat dijadikan bumbu masakan, bawang putih juga dapat digunakan untuk mengatasi rambu rontok. Bagaimana caranya? Oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada rambut. Setelah itu bilas rambut dengan sampo hingga bersih.

5. Yogurt

yogurt untuk merawat rambut secara alami

via: livestrong.com

Cara menggunakan yogurt untuk mengatasi rambut rontok sangat mudah. Oleskan yogurt pada rambut Anda hingga merata, dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas rambut hingga bersih.

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis efekif merawat rambut dari kerontokan

www.wikihow.com

Jeruk nipis dapat mengatasi rambut rontok maupun ketombe. Cukup dengan mengusapkan irisan jeruk nipis pada rambut kemudian diamkan beberapa menit dan bilas rambut hingga bersih.

7. Teh Hijau

teh hijau membantu merawat rambut secara alami

www.rivertea.com

Untuk menggunakan teh hijau sebagai bahan alami mengatasi rambut rontok, seduh teh seperti biasanya. Setelah air teh dingin, basuhlah rambut hingga merata. Diamkan selama 1 jam dan bilas rambut dengan menggunakan shampo.

8. Minyak Esensial dan Hair Tonic

minyak esensial dan hair tonik membantu merawat rambut rontok secara alami

dailyhealthexperts.com

Minyak esensial yang juga dapat mengatasi rambut rontok diantaranya adalah minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak zaitun. Oleskan minyak hingga merata pada kulit kepala dan rambut kemudian lakukan pemijatan secukupnya.

Untuk Hair Tonic, telah tersedia dalam berbagai merk. Pilihlah yang sesuai dengan rambut anda.

Dari 8 tips mengatasi rambut rontok yang telah disebutkan, semoga dapat membantu Anda dalam merawat kesehatan rambut.

Tetapi ada hal yang perlu diingat, yaitu konsumsilah makanan yang sehat dan lakukan perawatan rambut dengan tepat agar rambut tercukupi nutrisinya sehingga rambut tetap sehat.

Selamat mencoba! 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.