Tips Agar Perjalanan Anda Nyaman dan Menyenangkan

Jika Anda suka traveling ke berbagai negara, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang terkadang luput dari perhatian Anda. Sehingga ketika dalam perjalanan Anda merasa kurang nyaman. Berikut ini kami ulas tips agar perjalanan Anda nyaman dan menyenangkan.

Apa yang Harus Anda Bawa

Selama di perjalanan, berpakaianlah yang sopan dan santai, siapkan pakaian yang berlapis jika terjadi perubahan cuaca. Pilihlah pakaian yang nyaman. Jika Anda berencana untuk makan di restoran eksklusif, atau mengikuti acara formal/resmi Anda mungkin bisa menyiapkan satu pakaian yang formal/sesuai acara.

Bawalah jaket tipis/ringan yang tidak akan merepotkan jika Anda harus membawanya selama beberapa jam. Jangan membuat diri Anda menjadi sasaran tindak kejahatan dengan mengenakan perhiasan mahal/berlebihan.

Cara yang baik untuk menyimpan barang-barang berharga Anda adalah dengan membeli tas pinggang ringan yang menempel di pinggang Anda dan dipakai di balik pakaian Anda.

Jangan membawa barang berlebihan, sisakan ruang dalam koper Anda untuk oleh-oleh/cinderamata.

Sangat disarankan untuk membawa topi, kacamata hitam dan tabir surya sebagai perlindungan terhadap sinar matahari. Perempuan harus mengenakan scarf /selendang untuk menutupi kepala dan bahu mereka.

Jika Anda bepergian dengan pendamping, lakukan cross-pack, yaitu menempatkan setengah dari bawaan Anda di bagasi pendamping Anda dan sebaliknya. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi kehilangan bagasi.

Jangan lupa ini perjalanan kebutuhan ukuran : peralatan menjahit, obat-obatan dan peralatan P3K, tissue, perlengkapan mandi, buku catatan dan pena.

Bagi Anda yang menyukai fotografi, disarankan menyiapkan memory card atau baterai dari Indonesia karena di negara tujuan selain harganya lebih mahal, belum tentu juga mudah didapat.

Asuransi Perjalanan

Banyak wisatawan tidak menyadari bahwa asuransi kesehatan mereka belum tentu meng-cover mereka di luar negeri. Dengan biaya yang relatif murah, sangat disarankan untuk menggunakan asuransi perjalanan.

Pada saat Anda mengalami sakit atau kecelakaan selama perjalanan, mencari dan menerima perawatan medis mungkin sangat membuang waktu dan biaya. Asuransi perjalanan akan sangat meringankan beban Anda. Asuransi perjalanan juga mencakup kehilangan bagasi, dan cakupan bantuan darurat di seluruh dunia.

Obat-obatan

Sebelum Anda melakukan perjalanan, mintalah dokter Anda untuk menulis resep obat-obatan yang Anda bawa untuk berjaga-jaga seandainya obat tersebut hilang. Simpan semua obat Anda dalam botol asli atau kemasannya.

Sebelum Berangkat

Tinggalkan informasi perjalanan Anda kepada anggota keluarga atau teman, termasuk salinan paspor Anda, jadwal penerbangan, jadwal perjalanan, nama Hotel dan nomor telepon.

Kebanyakan maskapai penerbangan membatasi jumlah bagasi untuk setiap penumpang, yaitu 1 buah bagasi besar dan 1 buah bagasi kabin (di samping laptop atau tas kamera Anda). Ukuran dan berat bagasi ditentukan oleh maskapai penerbangan, jadi pastikan untuk memeriksa persyaratan bagasi ke maskapai penerbangan atau biro wisata sebelum Anda pergi.

Pisahkan barang-barang penting dan dokumen bersama Anda setiap saat. Obat-obatan harus dibawa dalam kemasan aslinya (jika Anda memiliki salinan resep, sertakan dengan Anda). Jangan menyimpan cek, uang, barang berharga atau dokumen perjalanan di bagasi Anda.

Pastikan bagasi Anda ditandai dengan jelas di dalam maupun di luar.

Waktu check-in untuk penerbangan internasional biasanya dua jam sebelum keberangkatan. Jangan meninggalkan barang Anda tanpa pengawasan atau menerima paket dari orang asing yang meminta untuk membawanya ke dalam pesawat.

Perjalanan Jauh

Jika perjalanan Anda menempuh jarak yang sangat jauh. Pastikan Anda merasa senyaman mungkin di dalam pesawat. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat penerbangan Anda lebih nyaman:

  • Baju yang nyaman untuk penerbangan. Kenakan pakaian yang nyaman yang memungkinkan Anda bebas bergerak saat beristirahat dalam penerbangan. Pakailah sepatu yang mudah di lepas.
  • Untuk menghindari jet lag, hindari minum alkohol, kafein atau minuman berkarbonasi. Pilih jus buah dan air.
  • Sebelum Anda terbang, pilih buku yang bagus untuk Anda baca selama penerbangan. Dan dalam penerbangan Anda kembali, beli satu buku lagi – tidak hanya akan membuat waktu penerbangan terasa cepat tetapi juga akan menjadi souvenir dari perjalanan Anda.
  • Simpan mantel Anda dan apa pun yang Anda tidak akan digunakan dalam tempat bagasi kabin. Anda akan jauh lebih nyaman dengan sedikit barang disekitar Anda.
  • Lepaskan sepatu Anda dan buat diri Anda senyaman mungkin.
  • Bawalah pelembab karena udara di kabin pesawat sangat kering.
  • Bangun sesekali dan meregangkan lengan serta kaki.
  • Dapatkan informasi cuaca terbaru di negara tujuan Anda melalui internet atau biro perjalanan Anda. Informasi ini juga berguna untuk persiapan pakaian yang akan Anda bawa nanti.

Memberikan TIP

Di negara-negara yang kita kunjungi, adalah suatu kebiasaan untuk memberikan tip atas layanan yang kita dapatkan, seperti pemandu wisata, pengemudi, personil hotel atau pelayan restoran.

Dalam paket wisata, tip untuk pemandu wisata dan pengemudi terkadang sudah termasuk dalam harga yang ditawarkan, tetapi ada juga yang belum termasuk, untuk itu hal ini bisa ditanyakan ke biro perjalanan Anda.

Jika layanan yang Anda terima diluar dari jadwal paket perjalanan, misalnya Anda makan siang di suatu restoran maka tip yang biasa diberikan adalah sebesar 15%. Tip tidak perlu diberikan untuk pengemudi taksi. Ingat bahwa tip diberikan untuk jasa yang dilakukan secara sopan dan profesional.

Belanja

Hampir di setiap lokasi wisata dapat ditemukan toko-toko souvenir dengan kualitas dan harga yang beragam, seperti barang-barang dari kulit, tembikar, kerajinan, ukiran kayu zaitun, minyak zaitun dan anggur/wine serta perhiasan.

Tawar menawar diperbolehkan, tetapi tidak di semua tempat. Di pasar terbuka, jangan ragu untuk menawar karena itu adalah bagian dari pengalaman dan itu dapat menurunkan harga. Tetapi di toko-toko yang menampilkan harga pada barang dagangannya sebagian besar tidak terbuka untuk tawar-menawar.

Leave a Reply