Lokasi Ini Patut Anda Kunjungi Saat Berwisata ke Semarang

Semarang adalah salah satu kota di pulau Jawa yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Selain kuliner yang enak dan khas seperti lumpia dan wingko banyak juga lokasi wisata yang dapat dikunjungi. Dari wisata budaya, religi hingga wisata alam semua ada di Semarang. Ada beberapa lokasi wisata yang dapat menjadi list untuk para wisatawan yang berkunjung ke Semarang, diantaranya:

Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan salah satu ikon yang dimiliki oleh kota Semarang. Gedung Kuno ini merupakan gedung bersejaran di Semarang. Karena merupakan saksi pasa saat pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober-19 Oktober 1945). Dulunya Lawang Sewu ini merupakan kantor perusahaan kereta api Belanda.

Nama Lawang Sewu ini berarti memiliki seribu pintu, dan tak ayal karena memang bangunan ini memiliki banyak pintu. Gedung ini juga memiliki ruangan bawah tanah. Suasana mistis Lawang Sewu masih terasa hingga kini karena sejarah dan memang arsitekturnya megah zaman dahulu. Karena memang Lawang Sewu ini dibangun pada tahun 1904.

Walaupun suasana mistis masih nampak tak mengurangi minat wisatawan untuk mengunjungi lokasi ini. Lawang Sewu terletak di pusat Kota Semarang, di sebtang Tugu Muda. Untuk masuk ke lokasi wisata lawang Sewu, wisatawan tak perlu merogoh kocek dalam karena biayanya hanya Rp 10.000 saja. Dan jika berkunjung pada malam hari disarankan untuk menyewa tour guide yang telah disediakan.

Pantai Marina

Pantai Marina menyimpan pemandangan yang eksotis yang berada di Kota Semarang. Pantai ini terletak terletak di jalan Yos Sudarso kira-kira berjarak 4km dari Tugu Muda. Akses untuk menuju lokasi pantai ini dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor atau memanfaatkan jasa Rental Mobil Jogja.

Pantai marina ini dibuka 24jam sehingga wisatawan bisa berkunjung kapan saja untuk menikmati terbit atau tenggelamnya matahari sambil berolahraga. Selain itu di Pantai Marina ini pengunjung dapat naik perahu keliling jika ingin menikmti pemandangan atau hanya untuk sekedar memancing. Di sekitaran pintu masuk Pantai Marina ini juga terdapat banyak pohon rindang sehingga suasana pantai tak terasa begitu panas.

via: pesonaindonesia.com

Sam Poo Kong

Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Semarang. Sam Poo Kong ini merupakan rumah ibadah (Klenteng) yang terletk di Jalan Simongan No 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Klenteng yang disebut juga Gedong Batu ini merupakan sebuah tempat bersejarah untuk mengenang perjuangan Laksamana Cheng Ho.

Dalam lokasi Klenteng Sam Poo Kong ini terdapat 4 bagunan pokok yaitu Klenteng Dewa Bumi, Klenteng Juru Mudi, Klenteng Sam Poo Tay Djien dan Klenteng Kyai Jangkar. Bangunan Klenteng ini memiliki desain arsitektur yang sangat menarik, sehingga banyak dimanfaatkan para wisatawan untuk berfoto bersama ataupun selfie.

Di Klenteng Sampoo Kong ini wisatawan dapat menyewa pakaian khas China, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain bisa menyewa pakaian juga tersedia fotografer yang siap mengabadikan momen terbaik.

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Masjid Agung Jawa Tengah ini terletak di Jalan Gajah Raya Semarang. Masjid yang diresmikan pada tanggal 14 November 2006 ini memliki desain arsitektur yang sangat bagus. Adanya payung raksasa seperti yang ada di masjid Nabawi ini yang menarik banyak wisatawan.

Selain itu juga terdapat menara yang dibuka juga untuk umum. Adanya 25 tiang melingkar menambah apik masjid kebanggan masyarakat Jawa Tengah ini. 25 tiang ini memiliki filosofi adanya 25nai/ rosul dalam Islam.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.